Wednesday, 17 August 2016

Order Barang (pada usaha retail)

http://www.alasansajaini.ga/2016/06/order-barang-pada-usaha-retail.html
 Selamat pagi teman-teman semua , berjumpa kembali di blog saya semoga sehat selalu  , pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu lagi dimana menjadi pengusaha itu perlu sesuatu yah mungkin disebut juga resep  agar usaha yang dilakoninya sukses , banyak sekali cara - cara yang harus dilakukan dan banyak sekali faktor-faktor penunjangnya ,dan apabila kita sudah mempunyai usaha retail atau toko tentunya kita butuh yang namanya barang , jika tidak ada barang lalu kita jual apa dong ya ? secara umum namanya usaha retail atau toko itu menjual barang , namun ada juga yang menjual produk virtual dan jasa , tapi pada sesi ini saya akan share mengenai barang saja dulu okey ?? 

Untuk dapat menjual barang dan mendapatkan keuntungan tentunya kita membutuhkan barang yang berkualitas, harganya terjangkau dan sudah dikenai pajak . barang berkualitas harga terjangkau namun bebas pajak itu bermasalah anda akan dikenai sanksi oleh pemerintah jika menjual pada daerah wajib pajak , barang berkualitas pajak oke tapi harga tidak terjangkau lalu dapat untung darimana ? konsumen pada lari kale kalo gitu , harga terjangkau pajak oke barangnya tidak berkualitas , misalnya expired terlalu dekat , kemasan jelek , tidak menarik dan masih banyak lagi yang lainnya ,, tentu itu akan menjadi masalah kita nantinya , jadi saya sarankan kembali gunakanlah spesifikasi diatas : barang berkualitas ,pajak oke , harga terjangkau ... itu saja sudah lumayan cukup untuk memperlancar usaha retail anda . 

Seperti judul diatas saya akan membicarakan yang namanya Order Barang  , order atau pesan barang , pesan barang ini tentunya dalam jumlah yang cukup ya sesuai kapasitas toko retail kita , dan order barang ini  kita tidak boleh sembarangan , yang pertama :

Barang yang kita order itu dari perusahaan mana ? perusahaannya bagaimana ? jelas apa tidak dan tidak melanggar hukum yang berlaku di dalam Negara atau pemerintahan  . Dalam pengecekan Sumber atau suplayer barang untuk toko kita nantinya kita bisa turun tangan sendiri selaku pimpinan atau kita juga bisa mewakilkan mengutus seseorang yang kita percaya .

2. Komunikasi
Jika sudah mendapatkan sumber yang tepat , saya sarankan Komunikasi dengan perusahaan terkait dapat berjalan baik , disaat-saat tertentu perusahaan bisa saja kekurangan barang akibat melonjaknya penjualan seperti pada hari lebaran , nah disaat itu tentunya pemilik usaha retail akan berebut mencari barang , jika kita dari awal sudah menjalin komunikasi yang baik tentu saja  kita mudah mendapatkan barang tanpa harus berebut .

3. Pengiriman
Pada saat pengiriman barang ketoko retail kita , kita hendaknya cek kondisi seperti , kondisi fisik barang , cek surat jalan atau faktur ,, terkadang pabrik juga melakukan kesalahan seperti kemasannya ada yang bocor , isinya ada yang kurang karena kesalahan pabrik atau mungkin isinya terkontaminasi dan lain-lain itu kita benar-benarr kita cek agar tidak ada complain dari pelanggan kita nantinya .

4. Save File Faktur
Hal ini penting dilakukan agar misalnya ada pemeriksaan dari pemerintah kita sudah mempunyai bukti bahwa barang-barang yang kita jual sudah dikenai pajak dan tidak melanggat hukum .

Bagaimana teman-teman , semoga sedikit masukan dari saya ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua . Nah demikian tadi yang dapat saya sampaikan hari ini , sampai jumpa lagi ;-)

No comments:

Post a Comment